Jumat, 14 Agustus 2020

Kuliner Khas Surabaya Dan Jawa Timur

 Makanan Khas Surabaya, Jawa Timur – Berbicara mengenai kuliner khas nusantara memang tak ada habisnya. Salah satu yang wajib Toppers coba adalah makanan Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya. Dengan cita rasa khas, dijamin kuliner tradisional khas Jawa Timur akan membuatmu ketagihan.


Yuk, intip dan cicipi beberapa rekomendasi makanan khas Surabaya, Jawa Timur terbaik berikut:


Kuliner Khas Jawa Timur, Surabaya, dan Sekitarnya

1. Soto Lamongan

Ada banyak sekali resep Soto di Nusantara, salah satu yang bisa Toppers cicipi saat singgah ke Jawa Timur adalah Soto Lamongan. Kuliner khas Jawa Timur satu ini terkenal karena adanya Koya, serbuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Rasanya yang lezat membuat makanan khas Jawa Timur ini digemari banyak kalangan.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

2. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah rujak cingur. Cingur sendiri adalah mulut sapi. Selain potongan Cingur, rujak khas Jawa Timur ini juga dilengkapi potongan sayuran dan juga bumbu campuran petis, gula merah, dan kacang tanah yang diulek.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

3. Rawon

Siapa tak kenal makanan khas Jawa Timur satu ini? Rawon adalah kuliner tradisional Jawa Timur yang memiliki ciri khas warna kehitaman yang dihasilkan oleh bahan kluwek. Makanan berkuah gurih ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat ditemani kerupuk.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

4. Tahu Tek

Tahu tek adalah kuliner Tahu yang dimasak dengan campuran bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng, timun, dan disiram dengan bumbu dari kacang tanah dan petis yang dihaluskan. Dengan cita rasa gurih, kuliner khas Surabaya ini sering jadi pilihan santapan saat berlibur ke Surabaya.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

5. Bakso Malang

Di Jawa Timur, khususnya Malang, Toppers bisa menemukan kuliner bakso khas yang sangat terkenal, yaitu Bakso Malang atau dikenal juga dengan nama Bakwan Malang. Kuliner bakso ini dilengkapi dengan pangsit, siomay, dan terkadang juga ati serta ampela. Lengkap banget, kan!

Makanan Khas Surabaya jawa timur

6. Bebek Sinjay

Untuk pecinta kuliner Bebek, makanan khas Jawa Timur ini wajib dicoba. Bebek Sinjay adalah makanan tradisional asal Bangkalan Madura yang terkenal empuk dan tak berbau amis khas daging bebek. Dilengkapi nasi hangat dan sambal pencit, makanan khas Jawa Timur ini dijamin akan memanjakan lidahmu.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

7. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang adalah jajanan khas Jawa Timur yang terbuat dari pisang, umumnya pisang raja nangka. Dengan cita rasa manis, makanan tradisional Jawa Timur ini bisa jadi teman untuk menyeruput teh atau kopi hangat di sore hari.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

8. Brem

Camilan khas Jawa Timur lainnya adalah Brem yang terkenal berasal dari Madiun. Brem sendiri terbuat dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan sehingga menjadi panganan manis dengan teksur renyah.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

9. Rujak Soto

Jika sebelumnya ada rujak dan ada soto, makanan khas Jawa Timur yang selanjutnya adalah campuran keduanya yaitu Rujak Soto yang berasal dari Banyuwangi. Dengan cita rasa gurih khas Soto dan isian yang lengkap, kuliner khas Jawa Timur ini wajib banget dicoba para penggemar soto.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

10. Lodho Ayam

Terbuat dari ayam kampung yang diolah menggunakan bumbu Lodo, makanan khas Jawa Timur yang berasal dari daerah Tulungagung ini memiliki cita rasa pedas dan gurih yang cocok untuk para penggemar kuliner pedas.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

11. Lontong Kupang

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya cocok untuk penggemar kuliner seafood. Kupang sendiri adalah sejenis kerang kecil. Di kuliner asal daerah Sidoarjo, Kupang ini disajikan dengan kuah petis, air perasan jeruk nipis dan potongan lontong. Cita rasa yang unik membuat kuliner ini juga banyak dicari.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

12. Lontong Balap

Salah satu ikon makanan khas Surabaya adalah Lontong Balap. Disebut Lontong Balap karena dahulu para penjual yang menjajakan kuliner ini dengan memanggul gentong acap kali berjalan cepat-cepat karena berat sehingga disebut seperti tengah balapan.

Makanan Khas Surabaya jawa timur

Kuliner khas Surabaya ini dibuat dari lontong yang dikombinasikan tahu, tauge, lentho yang disiram kuah, serta sate kerang, sambal, dan kecap sebagai pelengkap.